Kamis, 12 Maret 2020


Pengertian dasar lay out adalah suatu situasi sirkulasi/arus pengunjung yang memberikan kemungkinan maksimal bagi pelanggan untuk dapat melihat keseluruhan barang dagangan yang bermacammacam, dalam sekali pandang.

• Faktor-faktor yang mempengaruhi lay out :

a. Ukuran dan bentuk ruangan
b. Lokasi pintu masuk, tangga, koridor, tiang dan lain-lain
c. Jenis dan jumlah barang dagangan
d. Jenis operasi toko yang dilaksanakan misalnya self service
e. Ciri-ciri dan kebiasaan membeli dari pelanggan
f. Sifat dan jumlah fixtures, counter/Island display

• Persiapan Desain Toko

Sesudah memilih lokasi yang cocok, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan bangunan/ruangan yang akan dipakai, meliputi :

a.   Membangun peralatan gedung baru atau mengubah yang sudahada agar sesuai dengan kebutuhan
b.   Menyediakan peralatan penerangan yang memadai, mencat dinding dan flafon, dengan warna yang cerah, dan memberi karpet/memasang keramik yang sesuai.
c.   Mendapatkan perabot dan peralatan/equipment/fixtures yang essensial (sesuai) untuk menyelenggarakan bisnis.
d.   Mengatur penempatan barang-barang di rak sedemikian rupa,sehingga pelanggan dapat dilayani dengan cepat dan memuaskan, dengan biaya-biaya serendah mungkin (efektif, efisien dan ekonomis).

Pengaturan barang dagangan yang serasi atau harmonis, akan menimbulkan suasana nyaman kepada lingkungan para pegawai toko dan para pembeli.

Sebaiknya ruangan toko yang akan menyimpan barang dagangan terbagi menjadi beberapa ruangan berikut sasarannya yang menunjang di dalam pengaturan barang dagangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar